1
1. 5P (Konvensional)
1. 5P (Konvensional)
Istilah ini mungkin asing untuk Anda. Apakah
itu 5P ? 5P adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan dalam kombinasi
yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market Anda. 5P
ini dapat Anda kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal Anda.
Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan klien Anda disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’. Mari
kita ulas apa sajakah 5P itu ?
A. Product (Produk)
Product disini mengacu pada apa yang Anda
jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan
membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur
kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat
menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari
produk.
B. Price (Harga)
Price berhubungan dengan strategi harga produk
dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus
mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin
profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan
memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan
memberikan diskon.
C. Promotion (Promosi)
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan
untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan
penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik
marketing.
D. Place (Tempat)
Place adalah dimana produk atau servis Anda
akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke
produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan
klien dapat menemukan Anda dengan mudah.
Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan
lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.
E. People (Orang)
People mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis
Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service
yang unggul, Anda telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan
secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai
balasan, klien yang ada akan
2. 7P (Commercial)
Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen
yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu
bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang
sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam
marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi
dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi
pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people,
process, dan physical evidence.
A. Product
(Produk)
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat,
memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya
pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu
yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang
didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
B. Price
(Harga)
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan
melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat
mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu
posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk,
dan pelayanan, serta persaingan.
C. Place
(Tempat)
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu
keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun
sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin
mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing
biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya
marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan
desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi
bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran
juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang
efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum
menentukan tempat atau lokasi pemasaran.
D. Promotion (Promosi)
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam
aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang
dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang
ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak
yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
·
Mengidentifikasi dan
menarik konsumen baru
·
Mengkomunikasikan
produk baru
·
Meningkatkan jumlah
konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
·
Menginformasikan
kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
·
Mengajak konsumen
untuk mendatangi tempat penjualan produk
·
Memotivasi konsumen
agar memilih atau membeli suatu produk.
E. People (Orang)
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih
lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan
konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan
loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi
dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor
penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan
dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak
antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan
dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body
language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan
diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada
level yang diekspetasikan.
F. Process (Proses)
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses
penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa
adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality
assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan
sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi,
berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
G. Physical Evidence (Sarana Fisik)
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik
yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan
jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan
bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi
perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat
menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan
pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung,
khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.
Pasarkan bisnis Anda secara kompetitif dengan merekrut orang yang tepat, pelatihan staf Anda untuk mengembangkan keterampilan mereka dan mempertahankan staf yang baik.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar